Selasa, 28 Juli 2009

Bagaimana memulai menulis?

banyak sekali kendala yang menjadikan kita susah untuk menulis, meskipun untuk sekedar menuangkan ide yang simple. mungkin karena banyak faktor yang menjadikan kita benar-benar tak bisa mengajak tangan kita mengambil pena atau mengetik keybord, dan mungkin salah satu faktor yang paling dominan adalah rasa yang tak cukup pede untuk menulis.
nah..bagaimana cara supaya kita pede untuk menuangkan ide atau gagasan yang ada dalam jiwa kita menjadi tulisan yang bisa diabadikan?
marilah sedikit simak cara yang mungkin bisa menjadikan kita berani untuk tampil menuangkan ide menjadi sebuah tulisan.

1. Mempelajari teori menulis baru praktik;
2. Learn the hard way atau menulis dulu teori belakangan.

Terserah kita mana yang lebih enak dan nyaman. Tapi, berdasarkan pengalaman teman-teman yang sukses dalam menulis, mereka umumnya mengesampingkan teori, dan memilih jalan menulis dulu baru belajar menerapkan tata caranya penulisan yang benar. seperti yang selalu dipakai temen saya Saefuddin Zuhri . L.C. seorang penulis kenamaan dalam lingkup Masisir. beliau tak pernah belajar teori, dan lebih memilih langsung praktek. beliau memberikan alasan belajar teori malahan akan membuat ide2 kita mati sebelum di tuangkan menjadi sebuah tulisan, alternatif kedua tampaknya lebih bagus.
nah..jangan takut lagi untuk menulis, apapun yang kita lihat, yang kita rasa sebisa mungkin kita abadikan menjadi sebuah tulisan.
selamat mencoba wahai kawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar